Catatan dan Tips Sehari-hari Plus Riview Pruduk keren

Cara Membuat Kentang Goreng Stick Renyah

Artikel terkait : Cara Membuat Kentang Goreng Stick Renyah

Cara Membuat Kentang Goreng Stick Renyah

Suka dengan stick kentang goreng pada restoran cepat saji? Hemm.. Yummi! Kentang goreng cocoknya disantap selagi hangat menggunakan cocolan saus sebagai sambalnya. Terkadang kalau kita menggoreng kentang sendiri maka tidak begitu lama kentang tersebut akan lemes atau tidak renyah lagi. Nah kali ini kita akan berbagi cara membuat kentang goreng stick renyah nya tahan lama, namun tentu juga tanpa bahan pengawet.




Pertama-tama kita siapkan bahan yang diperlukan yakni :
  1. Kentang ( bisa kentang dari jenis apa saja namun kalau bisa pilih kentang dengan ukuran yang besar) 
  2. Tepung terigu 
  3. Penyedap rasa atau garam halus 
  4. Minyak goreng 
  5. Air

Langkah selanjutnya tentu saja cara membuatnya. Berikut ini langkah-langkahnya : 
  • Kentang yang kita siapkan tadi dikupas lalu dipotong dengan bentuk stick, kalau Anda kesulitan memotongnya Anda dapat menggunakan alat pemotong kentang. Sesudah dipotong berbentuk stik, cuci kentang dengan air bersih (usahakan dengan air yang mengalir). Perhatian : cuci kentang sampai air cucian bening, hal tersebut menandakan getah yang terdapat pada kentang telah hilang sehingga ketika kentang digoreng tidak cepat menjadi lembek/ lemes.
  • Panaskan air yang telah diberi sedikit garam dalam panci sampai mendidih lalu masukkan kentang untuk direbus selama 5 menit dan tiriskan.
  • Setelah ditiriskan, ketika kentang masih dalam keadaan panas taburi dengan tepung terigu (pastikan merata saat menaburinya) lalu tambahkan penyedap rasa atau garam sesuai selera Anda.
  • Langkah berikutnya, simpan kentang tersebut dalam wadah yang tertutup lalu masukkan ke dalam kulkas (freezer) selama minimal 1 jam.
  • Setelah 1 jam, nyalakan kompor dan panaskan minyak goreng menggunakan api sedang. Masukkan satu persatu kentang dan goreng hingga seluruh bagian kentang terendam. Bolak balik kentang agar matangnya merata berwarna kuning keemasan. Angkat lalu tiriskan sampai tidak berminyak
  • Kentang goreng stick renyah siap disajikan, tambahkan saus sambal agar lebih nikmat.
Semoga dapat membantu Anda dalam mengatasi permasalahan umum yang sering dihadapi saat memasak kentang.


Artikel D' Setiawan Lainnya :

0 komentar:

Post a Comment

Copyright © 2015 D' Setiawan | By JTPromosindo